Sunday, November 23, 2008

Brand Positioning


“siapa nih yang naro jam tangan sembarangan? Pasti Kaka (panggilan akrab saya dirumah)”
“ngga kok”
“oh itu jamku”
”oh ade (panggilan akrab adikku metha)”
”abisnya yang biasa geletakin barang sembarangan kan kaka”
”wah Brand Positioning tuh”

Dasar orang advertising (metha bekerja di perusahaan advertising), segala bentuk kehidupan selalu dikaitkan dengan istilah2 ad-nya..tapi memang hal itu dekat dengan kita..Brand positioning adalah istilah dari sebuah produk yang sudah di Branding, bisa juga dikatakan image dari produk itu sendiri, fungsinya untuk lebih melekatkan suatu produk dengan audiencenya, contohnya seseorang yang suka make up akan memperhatikan iklan make up dan tertarik..karena iklan tersebut cocok dengan pangsanya..metha sering memperhatikanku (sebagai orang awam) ketika melihat iklan dan dia bisa menilai sendiri dengan kata-kata ”kaka pasti tertarik” hanya dengan melihat raut wajahku..hmm..secara psikologis oke juga..
brand image juga biasa dipakai artis untuk memperkuat karakternya, itu kenapa artis ngga suka kalo digosipin karena akan merusak imagenya yang akan berpengaruh pada karirnya, but sometimes justru gosip itu adalah hal yang diinginkan artis untuk mengangkat pamornya..yahh semuanya sih tergantung sang artis itu sendiri deh gimana strategi promosinya.
BP kaitannya juga erat dengan lifestyle dan simbol status..contohnya kenapa orang senang minum kopi di cafe yang menjual minuman kopi dengan harga yang tidak murah..apalagi yang dicari kalau bukan gengsi (hayo ngaku) "kan keren aja kalo lagi nongkrong diliat temen, wuih nongkrong disini" wahahaaa..sebenernya itu sih bisa-bisanya cafe itu aja membranding perusahaannya agar terlihat keren, hmm ya ngga? jadi sebenernya apa yang dijual ya? kopi atau image? we'll find out..
Brand image bisa juga dikaitkan dengan warna, contohnya warna coklat, kuning, merah atau orange sering digunakan untuk produk makanan karena menurut psikologi warna itu tergolong warna-warna lezat..atau untuk produk2 luxurious menggunakan silver atau gold untuk lebih menekankan kemewahannya..hmm let’s find out..metha juga punya blog sendiri dan bisa diakses untuk yang pengen tau tentang Visual Communication Design lebih lanjut klik aja disini ya http://anakdkv.blogspot.com/

No comments: